Nilawati, Ni Komang Ayu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS KONTEKSTUAL MUATAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 23 PEMECUTAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031152-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031152-ABSTRAK.pdf Download (657kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031152-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (619kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031152-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031152-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031152-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031152-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031152-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (611kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031152-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan (1) mengetahui rancang bangun Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas II SD Negeri 23 Pemecutan, (2) mengetahui kelayakan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas II SD Negeri 23 Pemecutan, (3) serta untuk mengetahui efektivitas Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas II SD Negeri 23 Pemecutan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes objektif pilihan ganda serta kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual berupa media cetak sesuai dengan tahapan pengembangan ADDIE, (2) kelayakan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran matematika sebesar 93,33% (Sangat Baik), uji ahli desain instruksional sebesar 95% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91,66% (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 90,83% (Sangat Baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,33% (Sangat Baik). Dengan demikian hasil uji tersebut dapat dinyatakan bahwa media pop up book berbasis kontekstual layak untuk digunakan. (3) Hasil uji efektivitas yang dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial teknik uji-t memperoleh hasil thitung = 11,995 untuk db = 31 dan taraf signifikansi 5% nilai ttabel sebesar 2,039 maka hasil analisis menunjukan thitung > ttabel, maka diperoleh H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa nilai post-test siswa lebih dari nilai KKTP. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pop Up Book Berbasis Kontekstual efektif digunakan pada Muatan Matematika Materi Bangun Ruang pada siswa kelas II SD Negeri 23 Pemecutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pop Up Book, Kontekstual, Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Nilawati |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 00:33 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 00:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20045 |
Actions (login required)
View Item |