Arshita, Ni Wayan Yuni (2024) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PADA SISWA SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011011009-COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011011009-ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011011009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011011009-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kecendrungan Self Confidence pada siswa dan efektivitas implementasi bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan Self Confidence pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan rancangan One Group Pre-test, Post-test Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja sebanyak 404 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih 1 kelas yaitu kelas VII A3 yang berjumlah 37 orang siswa dengan rata – rata usia 13 – 14 tahun, kemudian mengambil sebanyak 12 orang siswa dari hasil pretest yang kepercayaan diri siswanya paling rendah untuk diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner mengenai Self Confidence dengan jumlah item 30 item pernyataan dan dokumentasi. Metode uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varian kelompok. Metode deskripsi data yang digunakan adalah penilaian acuan ideal teoritik (PAIT). Pengujian hipotesis digunakan Paired Sample T-Test dan juga dihitung Effect Size menggunakan rumus Cohen’s. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar <0,001, maka dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dan hasil dari perhitungan Effect Size yaitu 3,991 dengan kategori efektivitas kuat. Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik modeling efektif untuk meningkatkan Self Confidence siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Confidence, Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Yuni Arshita |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 00:35 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 00:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20048 |
Actions (login required)
View Item |