Ayu, Ni Ketut (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Profil Pelajar Pancasila Aspek Akhlak Mulia dan Kreativitas di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031074-COVER.pdf Download (748kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031074-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031074-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031074-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031074-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian profil pelajar pancasila aspek akhlak mulia dan kreativitas untuk siswa sekolah dasar yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dan dilaksanakan dengan model RDR yang terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap research (studi pendahuluan), development (pengembangan), dan research (uji efektifitas produk). Subjek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian profil pelajar pancasila aspek akhlak mulia dan kreativitas yang terdiri atas kisi-kisi instrumen dan kuesioner dengan jumlah pernyataan masing-masing aspek yaitu sebanyak 20 item pernyataan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi oleh ahli dan praktisi. Teknik yang digunakan dalam melakukan analisis data pada uji validitas isi menggunakan rumus Gregory dan uji reliabilitas menggunakan rumus percentage of agreement. Perhitungan validitas isi instrumen penilaian aspek akhlak mulia menunjukkan hasil 0,95 oleh ahli/pakar dan 1,00 oleh guru/praktisi dengan kriteria validitas sangat tinggi. Perhitungan validitas isi instrumen penilaian aspek kreativitas menunjukkan hasil sebesar 1,00 oleh ahli/pakar dan guru/praktisi dengan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil perhitungan reliabilitas pada instrumen penilaian akhlak mulia menunjukkan hasil sebesar 95% oleh ahli/pakar dan 100% oleh guru/praktisi sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Perhitungan instrumen kreativitas menunjukkan hasil sebesar 100% oleh kedua ahli/pakar dan kedua guru/praktisi sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian profil pelajar pancasila aspek akhlak mulia dan kreativitas telah valid dan reliabel sehingga layak untuk digunakan dalam mengukur karakter profil pelajar pancasila aspek akhlak mulia dan kreativitas siswa di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, profil pelajar pancasila, akhlak mulia, kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Ayu |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 23:40 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 23:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20064 |
Actions (login required)
View Item |