Sari, Kadek Dian Indah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031106-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031106-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031106-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031106-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031106-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
2011031106-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (997kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031106-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031106-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031106-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video animasi pada pembelajaran IPAS materi pengaruh gaya terhadap benda untuk kelas IV SD. Adapun fokus utama penelitian ini yaitu rancang bangun, tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan penggunaan media video animasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini diantaranya ahli materi, ahli media, praktisi guru, dan siswa kelas IV. Hasil penelitian (1) Rancang bangun media video animasi pada pembelajaran IPAS dirancang dengan aplikasi Zepeto, Canva, dan CapCut, video animasi berdurasi 20 menit dan terdapat soal evaluasi yang menarik. (2) Media video animasi mendapatkan hasil validasi ahli materi kualifikasi sangat baik dengan rata-rata (3,88), dan hasil validitas ahli media yang memperoleh kualifikasi sangat baik dengan rata-rata (3,82). (3) Media video animasi mendapatkan hasil kepraktisan oleh respon guru kualifikasi sangat praktis dengan presentase (92,5%) dan hasil uji kepraktisan respon siswa memperoleh kualifikasi sangat praktis dengan presentase (93,7%). (4) Media video animasi menunjukkan adanya hasil yang signifikan pada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan video animasi. Dengan demikian pengembangan media video animasi efektif digunakan sebagai media pembelajaran karena media video animasi dapat mempermudah guru dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, dapat meningkatkan motivasi siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, IPAS, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Dian Indah Sari |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 00:12 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 00:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20092 |
Actions (login required)
View Item |