Pramesti, Sahda Nabila (2024) PENGEMBANGAN POP-UP BOOK BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011027-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011027-ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (256kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011027-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Pop-Up Book berorientasi kearifan lokal adalah buku cetak 3D bertemakan kearifan lokal yang bertujuan untuk menunjang pembelajaran matematika serta meningkatkan kemampuan spasial yang disesuaikan dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan teori oleh Alman & Nugrahaeni (2022) tentang media pembelaran 3D yang mampu memberikan efek menarik, karena setiap halamannya dibuka akan muncul sebuah gambar yang timbul dan dapat digerakkan mengikuti gambar tersebut, serta Habibi & Setyaningtyas (2021) tentang Pop-Up Book sebagai alternatif media pembelajaran mampu menyajikan visualisasi dengan bentuk-bentuk yang dibuat dengan melipat, bergerak, dan muncul sehingga memberikan kejutan dan kekaguman bagi peserta didik ketika membuka setiap halamannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD No. 5 Kubutambahan. Dalam mengembangkan Pop-Up Book ini, digunakan model pengembangan ADDIE sehingga dapat memberikan kesempatan kepada peneliti untuk melakukan evaluasi dan revisi pada setiap tahapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik adalah memberikan pengalaman konkret bagi siswa, siswa dapat berinteraksi, bekerja sama, serta terdapat unsur kearifan lokal untuk menjaga eksistensi kearifan lokal. Analisis validitas Pop-Up Book menunjukkan skor sangat tinggi, dengan rata-rata masing-masing 4,69 dan 4,57. Analisis kepraktisan menunjukkan bahwa Pop-Up Book ini unggul dalam aspek Daya Tarik senilai 2,37, aspek Kejelasan senilai 1,94, aspek Efisiensi senilai 1,87, aspek Ketepatan senilai 2,40, aspek Stimulasi senilai 2,36 serta aspek Kebaruan senilai 2,33 dengan hasil yang menunjukkan kepraktisan berdasarkan angket UEQ. Selain itu, analisis keefektifan menunjukkan bahwa Pop-Up Book ini efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop-Up Book, Bangun Ruang, Kearifan Lokal, Kemampuan Spasial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Sahda Nabila Pramesti |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:34 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20230 |
Actions (login required)
View Item |