PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VI KECAMATAN KARANGASEM

Wiastrini, Ni Wayan Eka (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VI KECAMATAN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031246-COVER.pdf

Download (479kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031246-ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031246-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031246-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031246-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031246-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031246-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031246-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031246-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Research, dengan jenis Pre-test Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan keseluruhan siswa kelas V SD Negeri Gugus VI Kecamatan Karangasem yang terdiri dari sembilan sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 144 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Group Random Sampling dengan komposisi sampel SD Negeri 1 Tumbu yang berjumlah 16 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 2 Tumbu yang berjumlah 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar Matematika adalah berupa tes dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, dengan kriteria pengujian menunjukan bila thitung lebih besar dari ttabel maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di SD Negeri Gugus VI Kecamatan Karangasem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran PBL, hasil belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI WAYAN EKA WIASTRINI
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:02
Last Modified: 01 Jul 2024 03:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20236

Actions (login required)

View Item View Item