Wiastrini, Ni Wayan Eka (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VI KECAMATAN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031246-COVER.pdf Download (479kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031246-ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031246-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (380kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031246-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031246-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031246-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031246-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031246-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031246-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Research, dengan jenis Pre-test Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan keseluruhan siswa kelas V SD Negeri Gugus VI Kecamatan Karangasem yang terdiri dari sembilan sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 144 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Group Random Sampling dengan komposisi sampel SD Negeri 1 Tumbu yang berjumlah 16 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 2 Tumbu yang berjumlah 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar Matematika adalah berupa tes dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, dengan kriteria pengujian menunjukan bila thitung lebih besar dari ttabel maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di SD Negeri Gugus VI Kecamatan Karangasem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran PBL, hasil belajar Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI WAYAN EKA WIASTRINI |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:02 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20236 |
Actions (login required)
View Item |