Aprilia, Rossa Regita (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA DI KELAS XI IPS 1 MAN 1 BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012011052-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012011052-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (86kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012011052-LAMPIRAN.pdf Download (893kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) langkah-langkah penerapan model project based learning berbantuan media canva dalam meningkatkan keterampilan menulis teks drama di kelas XI IPS 1 MAN 1 Buleleng, 2) hasil belajar siswa dalam penerapan model project based learning berbantuan media canva untuk meningkatkan keterampilan menulis teks drama di kelas XI IPS 1 MAN 1 Buleleng, dan 3) respons siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Buleleng terhadap penerapan model project based learning berbantuan media canva dalam meningkatkan keterampilan menulis teks drama di kelas XI IPS 1 MAN 1 Buleleng. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Buleleng tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, tes, dan angket/kuisioner. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)penerapan model project based learning berhasil dilaksanakan mulai dari penentuan proyek, penentuan jadwal penyelesaian, memonitorimg siswa, presentasi proyek serta evaluasi, 2) hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks drama mengalami peningkatan rata-rata ketuntasan siswa pada saat observasi awal sebesar 63 meningkat sebesar 8,02% menjadi 71,02% dan peningkatan terjadi pada siklus II sebesar 11,18% menjadi 82,2, dan 3) respons siswa terhadap model project based learning adalah positif. Hal ini dibuktikan dari peningkatan respons siswa pada siklus 1 memeroleh skor rata-rata sebesar 79,4 dengan kategori kurang positif dan meningkat pada siklus II sebesar 3,1% dengan pemerolehan skor rata-rata sebesar 82,5 dengan kategori positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, model project based learning, teks drama. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Rossa Regita Aprilia |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:23 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20345 |
Actions (login required)
View Item |