POTRET IDEOLOGI PATRIARKI LEWAT KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DALAM FILM LIKE & SHARE SEBAGAI SUMBER AJAR SOSIOLOGI DI SMA

Saputra, I Putu Wisnu (2024) POTRET IDEOLOGI PATRIARKI LEWAT KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DALAM FILM LIKE & SHARE SEBAGAI SUMBER AJAR SOSIOLOGI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014091009 - COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014091009 - ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014091009 - BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2014091009 - BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2014091009 - BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014091009 - BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2014091009 - BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014091009 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (781kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014091009 - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret ideologi patriarki yang terdapat dalam Film Like & Share, bentuk – bentuk kekerasan seksual terhadap perempuan dalam Film Like & Share, serta aspek – Aspek apa yang terdapat dalam Film Like & Share yang dapat dijadikan sebagai sumber ajar sosiologi di jenjang SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumentasi. Analisis data serta teknik pengujian keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis teks milik Roland Barthes. Adapun hasil dari penelitian ini adalah potret ideologi patriarki tergambarkan melalui aksi berbagai aparatus negara yaitu Ideological State Apparatus (ISA) yang di antaranya adalah ISA Sekolah, ISA Keluarga, dan ISA Hukum dan Repressive State Apparatus (RSA) yang di antaranya adalah RSA Kepolisian, bentuk kekerasan seksual terhadap perempuan yang di antaranya adalah kekerasan seksual fisik dan kekerasan seksual simbolik (verbal). Kekerasan seksual yang terjadi secara fisik direpresentasikan dengan aksi pemerkosaan yang dilakukan oleh Devan kepada Sarah. Sementara itu, kekerasan seksual yang terjadi secara verbal direpresentasikan dengan pelecehan seksual yang diterima oleh Lisa dan Sarah di akun channel Youtube mereka, dan aspek – aspek yang dapat dijadikan sebagai sumber ajar sosiologi jenjang SMA di antaranya adalah aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif berkaitan dengan kompetensi bagi peserta didik baik ideologi patriarki maupun kekerasan seksual. Aspek afektif yang berkaitan dengan nilai Profil Pelajar Pancasila. Aspek Psikomotorik yang berkaitan dengan keterampilan peserta didik dalam mencegah kasus kekerasan seksual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Potret ideologi patriarki, Film Like & Share, Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan, Sumber Belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: I Putu Wisnu Saputra
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:43
Last Modified: 11 Jul 2024 06:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20460

Actions (login required)

View Item View Item