PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK MEKAR SARI DESA BUAHAN KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR TAHUN AJARAN 2023/2024

Sayenti, Ni Nyoman Widyarini (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK MEKAR SARI DESA BUAHAN KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011061040-COVER.pdf

Download (489kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011061040-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011061040-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media flashcard untuk menstimulus kemampuan membaca permulaan (2) mengetahui kelayakan media ajar flashcard untuk menstimulus kemampuan membaca permulaan (3) mengetahui efektivitas penggunaan media ajar flashcard untuk menstimulus kemampuan membaca. diuji oleh 1 ahli rancang bangun produk pembelajaran, 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, serta subjek uji dalam penelitian ini Produk 3 orang siswa uji coba perorangan, 9 orang siswa uji coba kelompok kecil, dan uji efektivitas menggunakan 27 orang siswa. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan menggunakan metode pengumpulan data dengan angket/kuesioner serta menggunakan angket observasi (pre-tes dan post-tes). Teknik analisis data yang digunakan anilisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menemukan (1) Rancang bangun berupa media cetak menggunakan model pengembangan ADDIE dengan hasil penilaian dari ahli rancang bangun 90%(Sangat Baik). (2) Uji kelayakan media flashcard menunjukkan hasil penilaian menurut ahli dan subjek penelitian secara berturut-turut sebesar 98,33%(Sangat Baik), 100%(Sangat Baik), 98,33%(Sangat Baik), 95,33%(Sangat Baik), dan 92,54%(Baik) dengan memiliki kategori sangat baik sehingga produk yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan.(3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 7,140 untuk db = 26 dan taraf signifikan 5% = 2,055. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media flashcard untuk kemampuan membaca permulaan pada anak usia di Kelompok B di Tk Mekar Sari tahun ajaran 2023/2024 dan H1 berbunyiTerdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan flashcard untuk kemampuan membaca permulaan pada anak usia di kelompok B di Tk Mekar Sari tahun ajaran 2023/2024.Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa Media Flashcard Untuk Menstimulus Kemampuan Membaca efektif diterapkan pada Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Mekar Sari Desa Buahan,Kecamatan ,Payangan Kabupaten Gianyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Flashcard, Membaca Permulaan , Tema Buah, PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: NI NYOMAN WIDYARINI SAYENTI
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:29
Last Modified: 12 Jul 2024 07:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20505

Actions (login required)

View Item View Item