Sukma, Ni Kadek Dwi Tari (2024) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Sesuai Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011058-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011058-ABTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (249kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011058-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011058-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika sesuai Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Denpasar, serta mengetahui kendala yang dialami. Metode penelitian ini menggunakan studi evaluatif sesuai teknik model CIPP. Subjek yang digunakan yaitu kepala sekolah, empat wakil kepala sekolah, lima staf tata usaha, lima guru matematika, dan 224 siswa dibelajarkan oleh guru yang dijadikan subjek. Data dikumpulkan menggunakan data angket, wawancara serta dari studi dokumen, selanjutnya dianalisis dalam bentuk kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis kuantitatif yang digunakan analisis deskriptif, sedangkan dalam analisis kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran matematika sesuai Kurikulum Merdeka berdasarkan teknik CIPP ditunjukkan sebagai berikut. 1) Dari sisi konteks memiliki rata-rata 89% tergolong kriteria sangat efektif, 2) dari sisi input memiliki rata-rata 84% tergolong kriteria sangat efektif, 3) dari sisi proses memiliki rata-rata 85% tergolong kriteria sangat efektif, dan 4) dari sisi produk memiliki rata-rata 74% tergolong kriteria efektif. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, bahwa pihak sekolah sudah melaksanakan pembelajaran matematika sesuai Kurikulum Merdeka dengan baik dan berjalan sesuai harapan. Dari pengelolaan administrasi, manajemen, sarana prasarana, dan penilaian yang mendukung, mampu menunjang proses pembelajaran. Dalam persiapan maupun proses pembelajaran, guru diberikan keleluasan membuat bahan ajar yang mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan kondisi, kemampuan siswa dan lingkungan sekitar. Dengan tujuan agar siswa dapat memahami materi, serta dapat meningkatkan minat dalam belajar. Namun, ada kendala yang sering dihadapi yaitu kurang referensi terkait Kurikulum Merdeka, terbatasnya waktu belajar efektif, dan kurangnya buku pelajaran yang memuat Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Pembelajaran Matematika, Kurikulum Merdeka, CIPP. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dwi Tari Sukma |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 01:18 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 01:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20619 |
Actions (login required)
View Item |