PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SIKLUS PANCA PRAMANA TERHADAP KARAKTER BERKEBHINEKAAN GLOBAL DAN GOTONG ROYONG SISWA KELAS VI DI SDN 1 BAKTISERAGA

Putu Putri Patricia, Elisabeth (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SIKLUS PANCA PRAMANA TERHADAP KARAKTER BERKEBHINEKAAN GLOBAL DAN GOTONG ROYONG SISWA KELAS VI DI SDN 1 BAKTISERAGA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2011031051-COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text (ASTBRAK)
2011031051-ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031051-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: (1) dampak model pembelajaran berbasis siklus Panca Pramana terhadap karakter berkebhinekaan global siswa kelas VI di SDN 1 Baktiseraga, (2) dampak model tersebut terhadap karakter gotong royong siswa kelas VI di SDN 1 Baktiseraga, dan (3) pengaruh model pembelajaran berbasis siklus Panca Pramana terhadap karakter berkebhinekaan global dan gotong royong siswa kelas VI di SDN 1 Baktiseraga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi-experiment menggunakan desain post-test only. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VI di SDN 1 Baktiseraga yang berjumlah 52 siswa, dengan sampel terdiri dari kelas VI-A (25 siswa) dan kelas VI-B (27 siswa) melalui teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner untuk mengukur karakter berkebhinekaan global dan gotong royong. Data yang diperoleh diuji dengan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, sebelum dilakukan pengujian hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data karakter berkebhinekaan global dan gotong royong berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, uji hipotesis dengan MANOVA menghasilkan nilai 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis siklus Panca Pramana terhadap karakter berkebhinekaan global dan gotong royong siswa kelas VI di SDN 1 Baktiseraga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Panca Pramana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Elisabeth Putu Putri Patricia
Date Deposited: 18 Jul 2024 23:49
Last Modified: 18 Jul 2024 23:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20685

Actions (login required)

View Item View Item