Dewi, Ni Made Hardia Murtika (2024) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS TRI HITA KARANA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SOSIAL BUDAYA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031166-COVER.pdf Download (401kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031166-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031166-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031166-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031166-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031166-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031166-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031166-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031166-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun komik digital berbasis Tri Hita Karana pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan literasi sosial budaya siswa Sekolah Dasar, (2) mengetahui hasil kelayakan komik digital berbasis Tri Hita Karana pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan literasi sosial budaya siswa Sekolah Dasar, (3) mengetahui kepraktisan ditinjau dari respons guru dan respons siswa terhadap komik digital berbasis Tri Hita Karana pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan literasi sosial budaya siswa Sekolah Dasar, dan (4) mengetahui efektivitas komik digital berbasis Tri Hita Karana pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan literasi sosial budaya siswa Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: metode kuesioner, dan tes. Banyak subjek pada penelitian ini adalah 12 orang siswa kelas IV di SD Negeri 1 Mengesta. Komik digital mengemas materi pembelajaran ke dalam suatu alur cerita bergambar. Komik digital berbentuk video yang berisi gambar-gambar, kombinasi teks, audio yang menyesuaikan, serta dilengkapi dengan soal evaluasi. Uji Kelayakan memperoleh indeks validitas dari ahli materi sebesar 0.96875, ahli desain sebesar 0.9125, dan ahli media sebesar 0.875, sehingga dinyatakan memiliki validitas tinggi. Uji kepraktisan ditinjau dari respons guru sebesar 4,85 dan respons siswa memperoleh penilaian uji perorangan sebesar 4,90 dan uji kelompok kecil sebesar 4,96 dengan kategori sangat baik. Uji efektivitas memperoleh signifikansi (2-tailed) yaitu sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,005 , sehingga terdapat hasil yang signifikan peningkatan literasi sosial budaya siswa kelas IV SD Negeri 1 Mengesta setelah menggunakan media pembelajaran berupa komik digital berbasis Tri Hita Karana dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Digital, Tri Hita Karana, Literasi Sosial Budaya, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Hardia Murtika Dewi |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 06:09 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 06:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20698 |
Actions (login required)
View Item |