Abhiyasa, Putu Amayra (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS XI C2 DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012061018-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012061018-ABSTRAK.pdf Download (954kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012061018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (962kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012061018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012061018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012061018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012061018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012061018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012061018-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa kelas XI C2 SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2023/2024 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media audio visual dan (2) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media audio visual untuk meningkatkan penguasaan huruf Hiragana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sejumlah dua siklus dengan terdiri dari tiga kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI C2 SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan kuesioner. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan yaitu, pada pre-test persentase ketuntasan sebesar 22,50%. Pada post-test siklus I mengalami peningkatan sebesar 72,50%. Kemudian, terjadi kembali peningkatan pada post-test siklus II sebesar 92,50%. (2) Persepsi siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media audio visual tergolong “positif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Media Audio Visual, Huruf Hiragana |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | PUTU AMAYRA ABHIYASA |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 08:45 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 08:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20889 |
Actions (login required)
View Item |