PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MULTIKULTURAL DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP DI KOTA SINGARAJA

Sawitri, Made Heny (2024) PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MULTIKULTURAL DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP DI KOTA SINGARAJA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2139011013-COVER.pdf

Download (534kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2139011013-ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2139011013-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui implementasi pendidikan multikultural, 2) mengatahui rancang bangun PBL berbasis THK yang dikembangkan dalam pembelajaran IPS, 3) mengetahui validitas model PBL berbasis THK yang dikembangkan, 4) mengetahui kepraktisan penerapan model PBL berbasis THK yang dikembangkan, 5) mengetahui efektivitas model PBL berbasis THK untuk meningkatkan sikap multicultural dan hasil belajar IPS siswa SMP. Penelitian yang dilakukan didesain sebagai penelitian dan pengembangan atau Reseach and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan untuk mengintegrasikan nilai – nilai THK ke dalam Model PBL mengacu pada pengembangan 4D. Metode pengumpulan data validitas model dan kepraktisan dengan angket, sedangkan uji efktivitas pada Sikap Multikultural menggunakan lembar observasi dan hasil belajar dengan menggunakan tes dari materi yang dipelajari. Pengujian validitas model dilakukan dengan uji pakar dan hasilnya dianalisis dengan teknik lawshe untuk menghitung content validity ratio (CVR). Pengujian model PBL berbasis THK melibatkan 10 guru SMP di Kota Singaraja dan 64 siswa kelas VIII SMP N 2 Singaraja. Analisis kepraktisan dilakukan dengan melihat respon guru dan siswa sebagai pengguna. Efektivitas model dianalisis dengan analisis multivariat (Manova) dan di transformasikan dalam effect size (ES) untuk menentukan efektivitas model terhadap sikap multicultural dan hasil belajar IPS siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis THK dinyatakan layak untuk diterapkan. Respon guru menyatakan sangat baik, respon siswa menyatakan baik. Model PBL berbasis THK efektif meningkatkan sikap multicultural dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Mengacu pada hasil tersebut direkomendasikan untuk menerapkan model PBL berbasis THK untuk meningkatkan sikap multicultural dan hasil belajar IPS siswa SMP

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: model PBL berbasis THK, sikap multikultural, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Made heny sawitri
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:57
Last Modified: 24 Jul 2024 05:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20995

Actions (login required)

View Item View Item