Sawitri, Made Heny (2024) PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MULTIKULTURAL DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP DI KOTA SINGARAJA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2139011013-COVER.pdf Download (534kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2139011013-ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (273kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (962kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2139011013-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui implementasi pendidikan multikultural, 2) mengatahui rancang bangun PBL berbasis THK yang dikembangkan dalam pembelajaran IPS, 3) mengetahui validitas model PBL berbasis THK yang dikembangkan, 4) mengetahui kepraktisan penerapan model PBL berbasis THK yang dikembangkan, 5) mengetahui efektivitas model PBL berbasis THK untuk meningkatkan sikap multicultural dan hasil belajar IPS siswa SMP. Penelitian yang dilakukan didesain sebagai penelitian dan pengembangan atau Reseach and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan untuk mengintegrasikan nilai – nilai THK ke dalam Model PBL mengacu pada pengembangan 4D. Metode pengumpulan data validitas model dan kepraktisan dengan angket, sedangkan uji efktivitas pada Sikap Multikultural menggunakan lembar observasi dan hasil belajar dengan menggunakan tes dari materi yang dipelajari. Pengujian validitas model dilakukan dengan uji pakar dan hasilnya dianalisis dengan teknik lawshe untuk menghitung content validity ratio (CVR). Pengujian model PBL berbasis THK melibatkan 10 guru SMP di Kota Singaraja dan 64 siswa kelas VIII SMP N 2 Singaraja. Analisis kepraktisan dilakukan dengan melihat respon guru dan siswa sebagai pengguna. Efektivitas model dianalisis dengan analisis multivariat (Manova) dan di transformasikan dalam effect size (ES) untuk menentukan efektivitas model terhadap sikap multicultural dan hasil belajar IPS siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis THK dinyatakan layak untuk diterapkan. Respon guru menyatakan sangat baik, respon siswa menyatakan baik. Model PBL berbasis THK efektif meningkatkan sikap multicultural dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Mengacu pada hasil tersebut direkomendasikan untuk menerapkan model PBL berbasis THK untuk meningkatkan sikap multicultural dan hasil belajar IPS siswa SMP
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model PBL berbasis THK, sikap multikultural, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Made heny sawitri |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 05:57 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 05:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20995 |
Actions (login required)
View Item |