Pratama, Shafa Ayu (2024) Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 5 SD Negeri 4 Kubutambahan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021012-COVER.pdf Download (448kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021012-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021012-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan rancang bangun E-LKPD Berpendekatan Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 5 SD Negeri 4 Kubutambahan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024. (2) Mengetahui validitas E-LKPD Berpendekatan Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 5 SD Negeri 4 Kubutambahan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024, (3) Mengetahui efektivitas E-LKPD Berpendekatan Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 5 SD Negeri 4 Kubutambahan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa (1) Proses rancang bangun pengambangan E-LKPD berpendekatan problem based learning ini dikembangkan melalui tahap model ADDIE, (2) Validitas E-LKPD berpendekatan problem based learning dengan (a) uji ahli isi materi pembelajaran diperoleh skor sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik, (b) uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor sebesar 96% dengan kualifikasi sangat baik, (c) uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 98% dengan kualifikasi sangat baik, (d) uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 94,66% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 87,77% dengan kualifikasi baik. (3) Efektivitas pengembangan E-LKPD dilihat dari uji-t dengan hasil yang didapatkan berdasarkan taraf signifikansi 5% maka hasil yang didapatkan yaitu sig(0,000)<0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan E-LKPD berpendekatan problem based learning pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD berpendekatan problem based learning dinyatakan efektif dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri 4 Kubutambahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-LKPD, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | SHAFA AYU PRATAMA |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 00:41 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 00:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21251 |
Actions (login required)
View Item |