Widyastuti, Ni Luh Putu Anugrah (2024) PENGARUH MODEL TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA QUIZZIZ TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013021002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013021002-ABSTRAK.pdf Download (671kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (361kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
2013021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013021002-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan Model TGT Berbantuan Media Quizziz dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain “The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2023/2024 dengan total 138 siswa. Berdasar pada jumlah populasi, maka sampel ditetapkan sebanyak 69 siswa dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar diukur menggunakan tes pilihan ganda dengan reliabilitas sebesar 0,87 dan konsistensi internal butir tes berkisar 0,38-0,81. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kovarian (ANAKOVA), dan uji lanjut LSD dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelompok eksperimen dengan perlakuan model TGT berbantuan media Quizziz memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 80,00 (SD = 15,29), sedangkan kelompok kontrol dengan perlakuan model konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,03 (SD = 14,91). Hasil uji analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model TGT berbantuan media Quizziz dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional dengan nilai Fhitung sebesar 170,243. (2) Hasil uji lanjut LSD diperoleh bahwa ∆μ=6,998 lebih besar dari nilai LSD hitung yang besarnya 3,834 sehingga model TGT berbantuan media Quizziz berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan model konvensional. Simpulan dari penelitian ini yakni terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model TGT berbantuan media Quizziz dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Games Tournament, Quizziz, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Anugrah Widyastuti |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 02:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 02:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21253 |
Actions (login required)
View Item |