Suwandewi Utami Nesa, Luh (2024) PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011058-COVER.pdf Download (689kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011058-ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011058-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011058-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan numerasi siswa apabila ditinjau berdasarkan Adversity Quotient) siswa kelas VIII SMP di SMP Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek peneltian yang dipergunakan dalam peneltian ini adalah siswa kelas VIII A di SMP Negeri 3 Singaraja. Dari 31 siswa yang diberikan angket ARP (adversity response profile) kemudian dipilih 6 (enam) orang siswa menggunakan teknik purpose sampling untuk kemudian diberikan wawancara terkait dengan tes numerasi dan angket yang telah diisi. Instrumen yang dipergunakan pada penelitian ini berupa angket, tes, dan wawancara. Tes yang dipergunakan adalah tes Kemampuan Numerasi Level 4, Dimana soal yang digunakan merupakan soal yang mengacu kepada soal tes simulasi AKM yang dimuat dalam website Kemdikbud. Adapun indikator yang digunakan untuk menilai kemampuan numerasi siswa ada 3 yaitu : (1) Kemampuan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk; (2) Kemampuan menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari; (3) kemampuan menafsirkan hasil analisis permasalahan untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Penelitian ini meemberikan hasil kemampuan numerasi sebagai berikut dari 31 siswa yang diberikan tes kemampuan numerasi, terdapat 0% atau tidak ada siswa dengan kemampuan numerasi rendah, 97% siswa dengan kemampuan numerasi sedang, dan 3% siswa dengan kemampuan numerasi tinggi. Dari 31 siswa yang diberikan angket, terdapat 1 (satu) siswa dengan kategori AQ Climbers dan kemampuan numerasi tinggi yang sangat mampu memenuhi tiga indikator penilaian, 1 (satu) siswa dengan kategori AQ Climbers dan kemampuan numerasi sedang yang mampu memenuhi tiga indikator penilaian, 10 (sepuluh) siswa dengan kategori AQ peralihan Campers menuju Climbers dan kemampuan numerasi sedang yang mampu memenuhi tiga indikator penilaian, dan terakhir 19 (sembilan belas) siswa dengan kategori AQ Campers dan kemampuan numerasi sedang yang kurang mampu untuk memenuhi tiga indikator penilaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Numerasi, Adversity Quotient, Adversity Response Profile |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Luh Suwandewi Utami Nesa |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 10:23 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 10:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21336 |
Actions (login required)
View Item |