Nanditasari, Kadek Dwi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 3 PAKISAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031104-COVER.pdf Download (674kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031104-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031104-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031104-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031104-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031104-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II sekolah dasar di SD Negeri 3 Pakisan yang teruji validitas dan efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah media buku cerita bergambar sedangkan objek dalam penelitian ini adalah validitas dan efektivitas media buku cerita bergambar. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan evaluasi kemampuan membaca lisan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan validitas materi sebesar 98% dan validitas media sebesar 98%, respons praktisi 99%, dan respon siswa 98,46% dengan kualifikasi yang sangat baik. Hasil uji efektivitas memeroleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 pada uji-t dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca siswa kelas II sebelum belajar menggunakan media buku cerita bergambar dan sesudah belajar menggunakan media buku cerita bergambar. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validitas dan efektivitas media yang melalui penilaian ahli materi, ahli media, praktisi, respon siswa, dan uji efektivitas maka media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II layak dalam artian valid dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II sekolah dasar di SD Negeri 3 Pakisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, buku cerita bergambar, kemampuan membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KADEK DWI NANDITASARI |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 01:59 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 01:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21479 |
Actions (login required)
View Item |