Pengembangan E-modul Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas II di SD Negeri 2 Banjar Tegal Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024

Pasaribu, Marintan Laurentcya (2024) Pengembangan E-modul Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas II di SD Negeri 2 Banjar Tegal Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011021007-COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011021007-ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011021007-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang masih rendah dan keterbatasan penggunaan media pembelajaran, maka dari itu dibutuhkan media pembelajaran/bahan ajar yang dapat meningkatkan hasi belajar siswa. Dalam penelitian pengembangan E-modul ini memiliki beberapa tujuan, yaitu (1) Untuk mengetahui proses rancang bangun pengembangan E-modul berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas II di SD Negeri 2 Banjar Tegal, (2) Untuk mengetahui hasil validitas pengembangan E-modul berpendekatan kontekstual, dan (3) Untuk mengetahui efektivitas pengembangan E-modul berpendekatan kontekstual. Penelitian pengembangan E-modul ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian pengembangan ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan, 6 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 22 orang siswa kelas II untuk uji lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif,. Hasil penelitian meliputi (1) Uji ahli isi pembelajaran dengan hasil yang diperoleh sebesar 73,43% dengan kualifikasi cukup valid, (2) Uji ahli desain pembelajaran dengan hasil yang diperoleh sebesar 92,8% dengan kualifikasi sangat valid, dan (3) Uji ahli media pembelajaran dengan hasil yang diperoleh sebesar 94,2% dengan kualifikasi sangat valid (4) Uji coba perorangan dengan hasil yang diperoleh sebesar 83,3% dengan kualifikasi cukup valid, (5) Uji coba kelompok kecil dengan hasil yang diperoleh sebesar 90,7% dengan kualifikasi sangat valid. Produk E-modul dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil pre-test sebesar 78,17 dan hasil post-test sebesar 89,39 dan perhitungan dengan uji-t memperoleh hasil t_hitung sebesar 6,987 selanjutnya dibandingkan dengan t_tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,01808. Hasil ini menunjukkan bahwa t_hitung (6,987)> t_tabel (2,01808)sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan E-modul. Dapat disimpulkan bahwa E-modul berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas II SD Negeri 2 Banjar Tegal dinyatakan efektif dan layak untuk diterapkan untuk mendukung proses pembelajaran. Kata-kata kunci: Pengembangan, ADDIE, E-modul

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, ADDIE, E-modul
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Marintan Laurentcya Pasaribu
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:25
Last Modified: 31 Jul 2024 00:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21598

Actions (login required)

View Item View Item