Sihombing, Ayu Desi Anna (2024) KOMPETENSI GURU GEOGRAFI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SMA TERAKREDITASI DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914031014-COVER.pdf Download (591kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914031014-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1914031014-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914031014-LAMPIRAN.pdf Download (876kB) |
Abstract
Implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA Terakreditasi di Kota Singaraja dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana proses implementasi kurikulum merdeka belajar, pemahaman, dan kompetensi. Untuk menjawab tujuan di atas dilaksanakan penelitian pada SMA di Kota Singaraja dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui Angket dan pencatatan dokumen. Hasil Penelitian ini menunjukkan Penelitian mengenai kompetensi guru geografi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMA terakreditasi unggul di Kota Singaraja menunjukkan hasil yang variatif tetapi umumnya berada dalam kategori baik. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka berkisar antara 62,91 hingga 77,5, dengan rata-rata 67,58 dan standar deviasi 6,14. Nilai ini menunjukkan adanya variasi dalam tingkat pemahaman antar sekolah, namun secara keseluruhan, pemahaman guru dapat dikategorikan baik. Kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran geografi menunjukkan nilai berkisar antara 67,27 hingga 76, dengan rata-rata 72,04 dan standar deviasi 4,22. Hasil ini mengindikasikan bahwa meskipun ada variasi, kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran geografi juga tergolong baik. Guru-guru di SMA terakreditasi unggul di Kota Singaraja menunjukkan pemahaman yang baik mengenai prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dan kemampuan dalam merencanakan pembelajaran. Dalam hal pengimplementasian pembelajaran geografi, nilai pemahaman guru berkisar antara 65 hingga 80, dengan rata-rata 72,33 dan standar deviasi 5,60. Ini menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka juga berada dalam kategori baik, meskipun terdapat variasi yang signifikan antara sekolah-sekolah yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum, Merdeka Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QE Geology |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Ayu Desi Anna Sihombing |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 15:09 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 15:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21824 |
Actions (login required)
View Item |