PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TIKOMPROTENDIS BERBANTUAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS TOPIK TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN KELAS V SD NO. 4 GULINGAN

Divayuda, I Putu Gede Bagus Tedja (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TIKOMPROTENDIS BERBANTUAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS TOPIK TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN KELAS V SD NO. 4 GULINGAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041004-COVER.pdf

Download (235kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041004-ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041004-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran TIKOMPROTENDIS berbantuan prezi untuk meningkatkan hasil belajar IPAS topik teknologi untuk kehidupan kelas V SD No. 4 Gulingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Design) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Produk yang dikembangkan divalidasi oleh tiga ahli materi, tiga ahli Bahasa dan tiga ahli media, 6 orang praktisi yaitu pendidik serta peserta didik sebanyak 19 orang. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non-tes. Teknik tes untuk memperoleh data hasil belajar dan teknik non-tes untuk memperoleh nilai validasi produk. Data hasil uji ahli dan praktisi dianalisis melalui rata-rata dan persentase. Sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan rancangan ekseperimen one group pretest-posttest only design melalui paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Media video pembelajaran berbantuan prezi terbukti valid dari segi media dan materi melalui uji valdiitas ahli dengan memperoleh kriteria validitas sangat tinggi. Dengan demikian, Media video pembelajaran berbantuan prezi yang dikembangkan valid dan layak sebagai sumber belajar, (2) Media video pembelajaran berbantuan prezi terbukti praktis melalui uji praktisi dengan kriteria penilaian kepraktisan dan diperoleh kategori praktis. Dengan demikian, media video pembelajaran berbantuan prezi praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar, (3) Media video pembelajaran berbantuan prezi terbukti efektif mempengaruhi peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas V melalui uji paired sample t-test (t=18,645, P<0,05) dengan effect size sebesar 4,27 yang tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media video pembelajaran, prezi, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Putu Gede Bagus Tedja Divayuda
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:18
Last Modified: 06 Aug 2024 07:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21838

Actions (login required)

View Item View Item