PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAKBOLA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Yusdika, I Kadek (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAKBOLA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229121008-COVER)
2229121008-Cover.pdf

Download (783kB)
[img] Text (2229121008-ABSTRAK)
2229121008-Abstrak.pdf

Download (485kB)
[img] Text (2229121008-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229121008-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (404kB)
[img] Text (2229121008-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229121008-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2229121008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229121008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2229121008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229121008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2229121008-BAB 5 PENUTUP)
2229121008-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (2229121008-DAFTAR PUSTAKA)
2229121008-Daftar Pustaka.pdf

Download (524kB)
[img] Text (2229121008-LAMPIRAN)
2229121008-Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar passing control sepakbola antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PBL dan STAD. (2) Interaksi antara motivasi belajar dan model pembelajaran terhadap hasil belajar passing control sepakbola. (3) Perbedaan hasil belajar passing control sepakbola antara peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah pada model pembelajaran PBL dan STAD, untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan STAD. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan treatment by level 2x2. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja yang berjumlah 328 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 orang yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu two way ANAVA yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar passing control sepakbola antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PBL dan STAD (F= 20,477, dan nilai sig. p 0,000˂0,05), kelompok PBL sebesar 84,17 lebih tinggi dibandingkan kelompok STAD sebesar 83,10, dengan selisih rata-rata 1,071. (2) Terdapat interaksi yang signifikan antara motivasi belajar dan model pembelajaran terhadap hasil belajar passing control sepakbola (F=16,782, dan nilai sig. p 0,00˂0,05). (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar passing control sepakbola antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PBL dan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran STAD yang memiliki motivasi belajar tinggi (F= 28, 785, dan nilai sig. p 0,000˂0,05), kelompok PBL sebesar 86,33 lebih tinggi dari kelompok STAD sebesar 82,43, perbedaan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi adalah 3,90 dengan SD 0,978 dan sig. sebesar 0,001. (4) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar passing control sepakbola antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PBL dan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran STAD yang memiliki motivasi belajar rendah (F= 5,950, dan nilai sig. p 0,019˂0,05), kelompok STAD sebesar 83,76 lebih tinggi dari kelompok PBL sebesar 82,00, perbedaan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah adalah -1,76 dengan SD 0,978 dan sig. sebesar 0,280. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dan model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar passing control sepakbola yang ditinjau dari motivasi belajar. Penerapan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran STAD sebagai alternatif pembelajaran bagi peserta didik dengan motivasi belajar tinggi dan rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PBL, STAD, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: I Kadek Yusdika
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:23
Last Modified: 06 Aug 2024 06:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21866

Actions (login required)

View Item View Item