Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V A SD Negeri 1 Baktiseraga

Sari, Ni Luh Cipta (2020) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V A SD Negeri 1 Baktiseraga. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011051-COVER.pdf

Download (620kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011051-ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1613011051-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1613011051-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1613011051-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011051-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1613011051-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011051-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis, kepercayaan diri siswa, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas yang diadakan dalam tiga siklus. Dengan 26 siswa kelas V A SD Negeri 1 Baktiseraga sebagai subjek dalam penelitian. Tes kemampuan komunikasi matematis tertulis dengan instrumen tes uraian digunakan untuk menghimpun data kemampuan komunikasi matematis siswa yang dilaksanakan pada akhir setiap siklus. Sedangkan angket untuk mengumpulkan data kepercayaan diri siswa dan tanggapan siswa. Penelitian ini memperoleh hasil adanya peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa. Bermula 23,46 pada refleksi awal menjadi 76,36 pada siklus III. Selain itu, ketuntasan belajar siswa dari 7,69% pada refleksi awal terus meningkat menjadi 84,63% pada siklus III. Rata-rata skor kepercayaan diri siswa pada siklus I yang berawal dari 68,15 mengalami peningkatan hingga 77,96 pada siklus terakhir dan tanggapan siswa mampu mencapai rata-rata yang tergolong dalam kategori positif. Dengan demikian, siswa berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, kemampuan komunikasi matematis, kepercayaan diri siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Luh Cipta Sari
Date Deposited: 24 Jul 2020 07:08
Last Modified: 24 Jul 2020 07:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item View Item