Sari, Ni Luh Cipta (2020) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V A SD Negeri 1 Baktiseraga. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011051-COVER.pdf Download (620kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011051-ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1613011051-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (446kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1613011051-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1613011051-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011051-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1613011051-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011051-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis, kepercayaan diri siswa, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas yang diadakan dalam tiga siklus. Dengan 26 siswa kelas V A SD Negeri 1 Baktiseraga sebagai subjek dalam penelitian. Tes kemampuan komunikasi matematis tertulis dengan instrumen tes uraian digunakan untuk menghimpun data kemampuan komunikasi matematis siswa yang dilaksanakan pada akhir setiap siklus. Sedangkan angket untuk mengumpulkan data kepercayaan diri siswa dan tanggapan siswa. Penelitian ini memperoleh hasil adanya peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa. Bermula 23,46 pada refleksi awal menjadi 76,36 pada siklus III. Selain itu, ketuntasan belajar siswa dari 7,69% pada refleksi awal terus meningkat menjadi 84,63% pada siklus III. Rata-rata skor kepercayaan diri siswa pada siklus I yang berawal dari 68,15 mengalami peningkatan hingga 77,96 pada siklus terakhir dan tanggapan siswa mampu mencapai rata-rata yang tergolong dalam kategori positif. Dengan demikian, siswa berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, kemampuan komunikasi matematis, kepercayaan diri siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Cipta Sari |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 07:08 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 07:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2205 |
Actions (login required)
View Item |