Wulandari, Ni Putu Rizky (2020) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031068-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031068-ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (331kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031068-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031068-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031068-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan implementasi pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan rancangan non equivalen post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Buleleng yang berjumlah 122 orang. Sampel penelitian dipilih secara random sampiling dengan teknik intact group. Sampel penelitian yakni siswa kelas V SDN 1 Petandakan berjumlah 25 orang dan siswa kelas V SDN 1 Nagasepaha sebanyak 25 orang. Data kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa dikumpulkan dengan metode tes berbentuk tes esay. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasar analisi data, didapat thitung sebesar 13,30, sedangkan ttabel dengan dk 48 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,68. Hal ini berarti, thitung lebih besar dari ttabel (thitung> ttabel) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan implementasi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbasis open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan implementasi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbasis open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemecahan masalah, pendekatan pendidikan matematika realistik, open ended |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Rizky Wulandari |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 07:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 07:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2250 |
Actions (login required)
View Item |