PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2019/2020

Wulandari, Ni Putu Rizky (2020) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031068-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031068-ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031068-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031068-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031068-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan implementasi pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan rancangan non equivalen post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Buleleng yang berjumlah 122 orang. Sampel penelitian dipilih secara random sampiling dengan teknik intact group. Sampel penelitian yakni siswa kelas V SDN 1 Petandakan berjumlah 25 orang dan siswa kelas V SDN 1 Nagasepaha sebanyak 25 orang. Data kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa dikumpulkan dengan metode tes berbentuk tes esay. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasar analisi data, didapat thitung sebesar 13,30, sedangkan ttabel dengan dk 48 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,68. Hal ini berarti, thitung lebih besar dari ttabel (thitung> ttabel) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan implementasi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbasis open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan implementasi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbasis open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah, pendekatan pendidikan matematika realistik, open ended
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Rizky Wulandari
Date Deposited: 24 Jul 2020 07:52
Last Modified: 24 Jul 2020 07:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item