PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2019/2020

Putri, Inggit Pragasuri Subakthi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031079-COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031079-ABSTRAK.docx.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031079-BAB 1 PENDAHULUAN.docx.pdf

Download (191kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031079-BAB 2 KAJIAN TEORI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031079-BAB 5 PENUTUP.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031079-DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031079-LAMPIRAN.docx.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran quantum teching tipe TANDUR berbantuan permainan tradisional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian yang dilaksanakan yaitu quasi eksperiment dan dirancang dengan Non Equivalen Post-Test Only Kontrol Group Desain. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020 dan terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian ini juga terdiri dari kelompok eksperiment yaitu SDN 1 Petandakan yang terdiri dari 28 siswa dan kelompok kontrol yaitu SDN 1 Nagasepaha yang terdiri dari 31 siswa. Sample ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA pengumpulannya menggunakan tes objektif sebanyak 30 soal. Penganalisisan data melalui tahap analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitiaan ini menunjukkan yaitu nilai hitung sebesar 3,21 dan nilai tabel sebesar 2,0. Artinya bahwa thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel. Dapat disimpulkan dengan, terdapatnya pengaruh implementasi model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR berbantuan pemainan tradisional dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: quantum teaching, tradisional, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Inggit Pragasuri Subakthi Putri
Date Deposited: 24 Jul 2020 08:19
Last Modified: 24 Jul 2020 08:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2251

Actions (login required)

View Item View Item