Putri, Inggit Pragasuri Subakthi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031079-COVER.pdf Download (777kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031079-ABSTRAK.docx.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031079-BAB 1 PENDAHULUAN.docx.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031079-BAB 2 KAJIAN TEORI.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031079-BAB 5 PENUTUP.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031079-DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf Download (148kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031079-LAMPIRAN.docx.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran quantum teching tipe TANDUR berbantuan permainan tradisional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian yang dilaksanakan yaitu quasi eksperiment dan dirancang dengan Non Equivalen Post-Test Only Kontrol Group Desain. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020 dan terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian ini juga terdiri dari kelompok eksperiment yaitu SDN 1 Petandakan yang terdiri dari 28 siswa dan kelompok kontrol yaitu SDN 1 Nagasepaha yang terdiri dari 31 siswa. Sample ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA pengumpulannya menggunakan tes objektif sebanyak 30 soal. Penganalisisan data melalui tahap analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitiaan ini menunjukkan yaitu nilai hitung sebesar 3,21 dan nilai tabel sebesar 2,0. Artinya bahwa thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel. Dapat disimpulkan dengan, terdapatnya pengaruh implementasi model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR berbantuan pemainan tradisional dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quantum teaching, tradisional, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Inggit Pragasuri Subakthi Putri |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 08:19 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 08:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2251 |
Actions (login required)
View Item |