PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VII KECAMATAN SAWAN 2019/2020

Astari, Komang Juli (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VII KECAMATAN SAWAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031375-COVER.Pdf (2).pdf

Download (926kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031375-ABSTRAK.pdf

Download (23kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031375-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031375-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031375-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031375-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031375-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031375-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031375-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sawan 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent post-test only group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sawan yang berjumlah 174 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V di SD Negeri 1 Sinabun yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri 1 Suwug yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap yaitu, dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel (6,13 > 2,01). Kemudian berdasarkan analisis deskriptif, skor rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari skor rata-rata kelompok. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CORE berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sawan 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, Mind Mapping, CORE.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Juli Astari
Date Deposited: 24 Jul 2020 08:53
Last Modified: 24 Jul 2020 08:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2253

Actions (login required)

View Item View Item