Saraswati, Putu Manik Sugiari (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N 1 PADANG SAMBIAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031018-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031018-ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031018-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V dan mengetahui kendala siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika. Hal itu didapat dari hasil teknik analisis PAP dan analisis isi, kemudian disajikan dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 85 siswa dari kelas VA dan VB SD N 1 Padang Sambian Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil skor akhir test HOTS, analisis PAP menunjukan 16 siswa (19 %) memiliki Kemampuan Berpikir HOTS Tinggi, 22 siswa (26%) memiliki Kemampuan Berpikir HOTS, 45 siswa (53%) memiliki Kemampuan Berpikir HOTS Cukup, serta 2 siswa (2%) memiliki Kemampuan Berpikir HOTS Rendah. Hal itu berarti siswa kelas V SD N 1 Padang Sambian Tahun ajaran 2019/2020 cenderung memiliki Kemampuan Berpikir HOTS Cukup, serta masih rendah dalam menyelesaikan soal level kognitif C6. Hasil selanjutnya adalah hasil wawancara dengan siswa, analisis isi menunjukan siswa cenderung mengalami kendala dalam membentuk kalimat matematika. Faktor-faktor yang menjadi kendala adalah siswa jarang diberikan latihan soal cerita, siswa merasa malas membaca soal dengan kalimat yang panjang, siswa bingung menentukan cara yang digunakan untuk menjawab soal, serta siswa belum paham materi, kecepatan, jarak waktu serta pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir tingkat tinggi, soal hots, mata pelajaran matematika, kendala menyelesaikan soal. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Manik Sugiari Saraswati |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 00:52 |
Last Modified: | 25 Jul 2020 00:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2294 |
Actions (login required)
View Item |