Tiumlafu, Akuila Preskila (2025) Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Galang Kasih Denpasar tahun 2024/2025. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text
2129041001- COVER.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2129041001-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
212904100- BAB 1PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
212904100- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
212904100-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2129041001-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tiumlafu Akuila (2024), Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas V SD Galang Kasih. Tesis Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing 1: Prof. Dr. Nyoman Dantes dan pembimbing II: Dr. I Made Gunamantha, S.T; M.M Kata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, IPAS Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Galang Kasih Denpasar pada Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Yayasan Galang Kasih Denpasar Bali, yang berjumlah 60 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi, sedangkan variabel dependen adalah hasil belajar IPAS. Data mengenai hasil belajar IPAS siswa dikumpulkan melalui tes. Untuk menganalisis data, digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata hasil belajar IPAS siswa yang mengikuti pembelajaran berdiferensiasi mencapai 86,07, yang tergolong dalam kategori tinggi; 2) Rata-rata hasil belajar IPAS siswa yang tidak mengikuti pembelajaran berdiferensiasi adalah 75,60, yang termasuk dalam kategori cukup; dan 3) Terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar IPAS siswa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti pembelajaran berdiferensiasi, dengan nilai t hitung sebesar 6,447 dan tingkat signifikansi p < 0,05. Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, Hasil belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tiumlafu Akuila (2024), Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas V SD Galang Kasih. Tesis Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing 1: Prof. Dr. Nyoman Dantes dan pembimbing II: Dr. I Made Gunamantha, S.T; M.M Kata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, IPAS Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Galang Kasih Denpasar pada Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Yayasan Galang Kasih Denpasar Bali, yang berjumlah 60 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi, sedangkan variabel dependen adalah hasil belajar IPAS. Data mengenai hasil belajar IPAS siswa dikumpulkan melalui tes. Untuk menganalisis data, digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata hasil belajar IPAS siswa yang mengikuti pembelajaran berdiferensiasi mencapai 86,07, yang tergolong dalam kategori tinggi; 2) Rata-rata hasil belajar IPAS siswa yang tidak mengikuti pembelajaran berdiferensiasi adalah 75,60, yang termasuk dalam kategori cukup; dan 3) Terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar IPAS siswa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti pembelajaran berdiferensiasi, dengan nilai t hitung sebesar 6,447 dan tingkat signifikansi p < 0,05. Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, Hasil belajar, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Akuila Preskila Tiumlafu |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 03:16 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 03:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |