Dewi, Dewa Ayu Pramita (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPAS Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Sukawati. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041026-COVER.pdf Download (978kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041026-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041026-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media konkret dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain post-test only control group. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan ANAVA dua jalur dengan berbantuan aplikasi SPSS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus II Sukawati tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 155 orang siswa. Ditentukan SDN 1 Kemenuh, SDN 2 Kemenuh, SDN 5 Kemenuh, SDN 7 Kemenuh sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Metode tes untuk pengumpulan data Hasil Belajar IPAS dan Non-Test untuk Motivasi Berprestasi. Hasil analisis ANAVA dua arah pada penelitian ini menunjukkan penelitian menunjukkan: (1) nilai sig < 0.05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media konkret dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus II Sukawati.; (2) nilai sig pada interaksi Kelas dan Motivasi berprestasi sebesar 0.002, artinya terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD di Gugus II Sukawati; (3) nilai sig pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi sebesar 0.000 diartikan terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media konkret dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD di Gugus II Sukawati pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi; (4) nilai sig pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah sebesar 0.000, diartikan terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media konkret dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD di Gugus II Sukawati pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, media konkret, Hasil Belajar IPAS, Motivasi Berprestasi, Siswa Sekolah Dasar (SD) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Dewa Ayu Pramita Dewi |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 02:33 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 02:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |