PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI SELF REGULATION SISWA KELAS V SD

Sulisthia, Putu Sri (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI SELF REGULATION SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041012-COVER.pdf

Download (315kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041012-ABSTRAK.pdf

Download (24kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041012-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar IPAS ditinjau dari regulasi diri siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan kuasi-eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas V SD di Gugus VII Sukawati, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PjBL berbantuan media Wordwall dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar IPAS dan kuesioner regulasi diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPAS yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Wordwall dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan regulasi diri terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SD Negeri Gugus VII Sukawati. Pada siswa yang memiliki regulasi diri tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Wordwall dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional di SD Negeri Gugus VII Sukawati. Pada siswa yang memiliki regulasi diri rendah, terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Wordwall dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional di SD Negeri Gugus VII Sukawati.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Wordwall, Hasil Belajar IPAS, Regulasi Diri, Siswa Kelas V
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Putu Sri Sulisthia
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:41
Last Modified: 14 Feb 2025 02:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23281

Actions (login required)

View Item View Item