Implementasi Literasi Digital di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tabanan

Dewi, Ni Ketut Ayu Ratih Suparna (2025) Implementasi Literasi Digital di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tabanan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011037-COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011037-ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011037-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengeksplorasi, dan menganalisis implementasi literasi digital di lingkungan SMP Negeri 1 Tabanan dengan memanfaatkan teknologi kode QR. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas VII C sebanyak 30 orang serta guru dan staff SMP Negeri 1 Tabanan. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara mendalam, dan analisis kuesioner serta dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi literasi digital berbasis kode QR di SMP Negeri 1 Tabanan memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat dan keterampilan literasi siswa serta mendorong pemanfaatan teknologi dalam kegiatan literasi dan pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dalam program literasi digital contohnya pemanfaatan kode QR yang memungkinkan siswa mengakses berbagai sumber belajar dengan lebih cepat, efisien, dan fleksibel. Selain itu, kode QR memberikan kemudahan bagi siswa untuk menjelajahi informasi tanpa terbatas pada bahan ajar cetak. Dengan demikian, penggunaan kode QR memberikan manfaat dalam hal penggunaan ponsel pintar ke sekolah dengan tujuan yang jelas, yakni untuk belajar dan mengakses materi pembelajaran yang relevan. Ini tidak hanya membuat penggunaan teknologi menjadi lebih terarah, tetapi juga mengubah pola pikir siswa mengenai peran teknologi dalam pendidikan. Tanggapan siswa terhadap penggunaan kode QR ini sangat positif, dengan mayoritas menyatakan bahwa kode QR memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi yang lebih luas, interaktif, dan menyenangkan sehingga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat literasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi digital, kode QR, SMP Negeri 1 Tabanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ni Ketut Ayu Ratih Suparna Dewi
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:22
Last Modified: 14 Feb 2025 02:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23291

Actions (login required)

View Item View Item