PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK GURU PENGAJAR SISWA PENYANDANG TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 BULELENG

Pradnyani, Ida Ayu Agung Yogi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK GURU PENGAJAR SISWA PENYANDANG TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051034-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051034-ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051034-BAB 1 PENDAHULUAN .pdf

Download (444kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051034-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keterbatasan sarana pembelajaran untuk siswa tunarungu dan juga keterbatasan siswa tunarungu dalam memahami materi pembelajaan yang bersifat abstak menyebabkan kesulitan yang dirasakan oleh para pengajar untuk menyampaikan materi agar dapat bisa dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sebuah rancangan multimedia interaktif untuk siswa tunarungu pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Multimedia interaktif untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk penyandang tunarungu mengadaptasi penggunaan model Multimedia Development Life Cycle. Implementasi dari media pembelajaran interaktif mata pelajaran bahasa indonesia ini dengan melakukan dua pengujian yaitu alpha testing dan beta testing. Alpha testing dilakukan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran serta kesesuaian isi media pembelajaran sehingga dapat diterapkan, pengujian dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran dan ahli media pembelajaran. Beta testing dilakukan oleh siswa kelas 1B,3B, dan 5B SLB Negeri 1 Buleleng untuk melakukan uji coba perorangan, kelompok kecil dan uji lapangan. Rata – rata respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif ini sebesar 92 % dan untuk rata – rata respon guru sebesar 91,11 %. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran dapat digunakan sebagai panduan belajar siswa sehingga dapat meningkatkan fokus belajar pada siswa dan dapat membantu proses pembelajaran di kelas dan jika dikonversikan ke dalam tabel respon siswa dan guru termasuk dalam kategori Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Tunarungu, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ida Ayu Agung Yogi Pradnyani
Date Deposited: 27 Jul 2020 02:35
Last Modified: 27 Jul 2020 02:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2331

Actions (login required)

View Item View Item