PENGARUH MODEL STM (SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT) TERHADAP LITERASI TEKNOLOGI DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS II KECAMATAN KUTA SELATAN

Widhari, Desak Gede Ari (2025) PENGARUH MODEL STM (SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT) TERHADAP LITERASI TEKNOLOGI DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS II KECAMATAN KUTA SELATAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041033-COVER.pdf

Download (322kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041033-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041033-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STM terhadap literasi teknologi dan hasil belajar IPS siswa SD kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Post-test Only Control Group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V Gugus II Kecamatan Kuta Selatan. Sebanyak dua kelas yang dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dengan instrumen tes essay untuk mengukur kemampuan literasi teknologi dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova melalui program IBM SPSS Statistic 26.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat perbedaan literasi teknologi dan hasil belajar yang dicapai antara siswa yang mengunakan model pembelajaran STM dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (F = 19,049, p<0,05). (2) terdapat perbedaan literasi teknologi yang dicapai antara siswa yang mengunakan model pembelajaran STM dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (F = 20,402, p<0,05). (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran STM dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (F = 16,599, p<0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: STM, literasi teknologi, hasil belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Desak Gede Ari Widhari
Date Deposited: 15 Feb 2025 02:55
Last Modified: 15 Feb 2025 02:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23352

Actions (login required)

View Item View Item