Widhari, Desak Gede Ari (2025) PENGARUH MODEL STM (SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT) TERHADAP LITERASI TEKNOLOGI DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS II KECAMATAN KUTA SELATAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041033-COVER.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041033-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041033-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STM terhadap literasi teknologi dan hasil belajar IPS siswa SD kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Post-test Only Control Group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V Gugus II Kecamatan Kuta Selatan. Sebanyak dua kelas yang dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dengan instrumen tes essay untuk mengukur kemampuan literasi teknologi dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova melalui program IBM SPSS Statistic 26.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat perbedaan literasi teknologi dan hasil belajar yang dicapai antara siswa yang mengunakan model pembelajaran STM dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (F = 19,049, p<0,05). (2) terdapat perbedaan literasi teknologi yang dicapai antara siswa yang mengunakan model pembelajaran STM dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (F = 20,402, p<0,05). (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran STM dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (F = 16,599, p<0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STM, literasi teknologi, hasil belajar, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Desak Gede Ari Widhari |
Date Deposited: | 15 Feb 2025 02:55 |
Last Modified: | 15 Feb 2025 02:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |