PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP EFIKASI DIRI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS VIII KECAMATAN MENGWI

Noviarini, Ni Putu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP EFIKASI DIRI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS VIII KECAMATAN MENGWI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041013-COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041013-ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041013-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran IPAS terhadap efikasi diri dan minat belajar siswa kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan Mengwi tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini berjenis eksperimen semu yang menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Sebanyak 204 siswa yang menjadi populasi penelitian yang berasal dari siswa Kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan Mengwi. Sebanyak 99 siswa yang dipilih menjadi sampel melalui teknik random sampling. Dalam memperoleh data penelitian, digunakan metode non-tes berupa kuesioner untuk mengukur efikasi diri dan minat belajar siswa. Analisis data diperoleh melalui analisis Anava dan Manova. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut; 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation dalam Pembelajaran IPAS terhadap peningkatan efikasi diri siswa kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan mengwi (F = 5.160, p < 0,05), 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Igroup Investigation dalam Pembelajaran IPAS terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas IV SD Gugus VIII Mengwi (F = 15.811, p < 0,05), 3) terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran IPAS terhadap peningkatan efikasi diri dan minat belajar siswa kelas IV SD Gugus VIII Mengwi (F = 911.214, p < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Group Investigation, efikasi diri dan minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Putu Noviarini
Date Deposited: 15 Feb 2025 05:19
Last Modified: 15 Feb 2025 05:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23357

Actions (login required)

View Item View Item