Noviarini, Ni Putu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP EFIKASI DIRI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS VIII KECAMATAN MENGWI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041013-COVER.pdf Download (712kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041013-ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041013-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran IPAS terhadap efikasi diri dan minat belajar siswa kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan Mengwi tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini berjenis eksperimen semu yang menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Sebanyak 204 siswa yang menjadi populasi penelitian yang berasal dari siswa Kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan Mengwi. Sebanyak 99 siswa yang dipilih menjadi sampel melalui teknik random sampling. Dalam memperoleh data penelitian, digunakan metode non-tes berupa kuesioner untuk mengukur efikasi diri dan minat belajar siswa. Analisis data diperoleh melalui analisis Anava dan Manova. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut; 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation dalam Pembelajaran IPAS terhadap peningkatan efikasi diri siswa kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan mengwi (F = 5.160, p < 0,05), 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Igroup Investigation dalam Pembelajaran IPAS terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas IV SD Gugus VIII Mengwi (F = 15.811, p < 0,05), 3) terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran IPAS terhadap peningkatan efikasi diri dan minat belajar siswa kelas IV SD Gugus VIII Mengwi (F = 911.214, p < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Group Investigation, efikasi diri dan minat belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Noviarini |
Date Deposited: | 15 Feb 2025 05:19 |
Last Modified: | 15 Feb 2025 05:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |