HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS VI SD GUGUS XIV KECAMATAN BULELENG

TRIARSITADEWI, IDA AYU INA (2025) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS VI SD GUGUS XIV KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031537-COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031537-ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031537-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031537-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031537-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031537-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031537-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031537-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031537-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengadopsi metode penelitian korelasional dengan pendekatan data kuantitatif. Variabel yang diteliti mencakup pola asuh orang tua, motivasi belajar, dan hasil belajar IPS. Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Gugus XIV di Kecamatan Buleleng yang berjumlah 109 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian instrumen dilakukan dengan validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan statistik inferensial, dengan teknik meliputi 1) uji normalitas (One Sample Kolmogorov Smirnov Z), 2) uji linieritas, dan 3) uji hipotesis (korelasi product moment). Hasil analisis menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan hasil belajar IPS siswa, dengan korelasi sebesar 0,955, yang menunjukkan hubungan sangat kuat; (2) Terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa, dengan korelasi sebesar 0,786, yang menunjukkan hubungan kuat; (3) Terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orang tua, motivasi belajar, dan hasil belajar IPS siswa, dengan korelasi sebesar 0,761, yang menunjukkan hubungan kuat antara ketiga variabel tersebut. Penelitian ini mengungkapkan adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Gugus XIV di Kecamatan Buleleng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua; Motivasi Belajar Siswa; Hasil Belajar IPS Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ida Ayu Ina Triarsitadewi
Date Deposited: 19 Feb 2025 08:41
Last Modified: 19 Feb 2025 08:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23504

Actions (login required)

View Item View Item