TRIARSITADEWI, IDA AYU INA (2025) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS VI SD GUGUS XIV KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031537-COVER.pdf Download (912kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031537-ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031537-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031537-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031537-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031537-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031537-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031537-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031537-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengadopsi metode penelitian korelasional dengan pendekatan data kuantitatif. Variabel yang diteliti mencakup pola asuh orang tua, motivasi belajar, dan hasil belajar IPS. Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Gugus XIV di Kecamatan Buleleng yang berjumlah 109 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian instrumen dilakukan dengan validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan statistik inferensial, dengan teknik meliputi 1) uji normalitas (One Sample Kolmogorov Smirnov Z), 2) uji linieritas, dan 3) uji hipotesis (korelasi product moment). Hasil analisis menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan hasil belajar IPS siswa, dengan korelasi sebesar 0,955, yang menunjukkan hubungan sangat kuat; (2) Terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa, dengan korelasi sebesar 0,786, yang menunjukkan hubungan kuat; (3) Terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orang tua, motivasi belajar, dan hasil belajar IPS siswa, dengan korelasi sebesar 0,761, yang menunjukkan hubungan kuat antara ketiga variabel tersebut. Penelitian ini mengungkapkan adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Gugus XIV di Kecamatan Buleleng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua; Motivasi Belajar Siswa; Hasil Belajar IPS Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Ina Triarsitadewi |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 08:41 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 08:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |