Ayuri, Putu Friska Yanti (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA MATERI FOTOSINTESIS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031044 -COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031044 -ABSTRAK.pdf Download (663kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111031044-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031044-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031044 -DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031044 -LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pembelajaran berbasis kearifan lokal di lingkungan sekitar dengan media pembelajaran yang nyata dapat membuat peserta didik lebih fokus memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellectual) Berbasis Tri Hita Karana materi fotosintesis kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangan. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek pengembangan ini adalah media pembelajaran SAVI berbasis Tri Hita Karana materi fotosintesis kelas IV sekolah dasar dan objeknya adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas media yang dikembangkan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) validitas media menggunakan rumus aiken memperoleh indeks validitas oleh ahli media sebesar 0,93, indeks validitas ahli materi sebesar 0,94 dengan kualifikasi validitas sangat tinggi ; (2) kepraktisan media memperoleh nilai persentase respons guru sebesar 97,77% dan respons respons siswa 97% dengan kualifikasi kepraktisan sangat baik; (3) efektivitas media memperoleh nilai sig. < 0,05 yakni 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima. Sehingga dinyatakan media pembelajaran SAVI berbasis Tri Hita Karana efektif meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa pada materi fotosintesis kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal, Bernalar Kritis, Multimedia, Tri Hita Karana, Fotosintesis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Friska Yanti Ayuri |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 23:56 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 23:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |