Dewi, Ni Made Rai Sri (2025) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KARAKTER GOTONG ROYONG DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS KOMPYANG SUJANA DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031017-COVER.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031017-ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031017-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Learning Cycle 5E berbantuan media ular tangga terhadap karaker gotong royong siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara sebanyak 282 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV SD Negeri 8 Peguyangan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 9 Peguyangan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner karakter gotong royong skala empat yang terdiri dari sangat tidak setuju, tidak setuju, setuju, sangat setuju. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik Uji-T. Hasil analisis data diperoleh bahwa persenan skor rata-rata post-test karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS kelompok eksperimen yaitu 89,796875% berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata karakter gotong royong siswa kelompok kontrol yaitu 69,0625% berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji-T diperoleh Thitung adalah 15,743 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan Ttabel adalah 1,999. Dengan kata lain Thitung = 15,743 > Ttabel = 1,997 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 5E berbantuan media ular tangga berpengaruh terhadap karakter gotong royong siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Media Ular Tangga, Karakter Gotong Royong |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Rai Sri Dewi |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 23:58 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 23:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |