PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KARAKTER GOTONG ROYONG DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS KOMPYANG SUJANA DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2024/2025

Dewi, Ni Made Rai Sri (2025) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KARAKTER GOTONG ROYONG DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS KOMPYANG SUJANA DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031017-COVER.pdf

Download (563kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031017-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (376kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031017-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Learning Cycle 5E berbantuan media ular tangga terhadap karaker gotong royong siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara sebanyak 282 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV SD Negeri 8 Peguyangan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 9 Peguyangan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner karakter gotong royong skala empat yang terdiri dari sangat tidak setuju, tidak setuju, setuju, sangat setuju. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik Uji-T. Hasil analisis data diperoleh bahwa persenan skor rata-rata post-test karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS kelompok eksperimen yaitu 89,796875% berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata karakter gotong royong siswa kelompok kontrol yaitu 69,0625% berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji-T diperoleh Thitung adalah 15,743 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan Ttabel adalah 1,999. Dengan kata lain Thitung = 15,743 > Ttabel = 1,997 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 5E berbantuan media ular tangga berpengaruh terhadap karakter gotong royong siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Media Ular Tangga, Karakter Gotong Royong
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Rai Sri Dewi
Date Deposited: 19 Feb 2025 23:58
Last Modified: 19 Feb 2025 23:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23529

Actions (login required)

View Item View Item