Budiasa, Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031147-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031147-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031147-BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031147-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031147-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031147-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031147-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031147-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031147-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap keaktifan belajar IPA siswa kelas IV SD; dan 2) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain Nonequivalent Pre Test Post Test Control Group Design untuk megetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap keaktifan belajar IPA dan One Shot-Case Study untuk mengetahui mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa. Jumlah anggota populasi dalam penelitian ini adalah 198 orang siswa kelas IV SD yang ada di Gugus VI Kecamatan Sukasada dan sampel penelitian yaitu SD Negeri 4 Panji Anom sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas IV SD Negeri 3 Panji Anom sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 orang. Jumlah keseluruhan anggota sampel 46 orang yang diambil dengan cara mengundi kelas dari semua kelas anggota populasi. Mula-mula diambil secara acak dua kelas dari delapan kelas yang ada sebagai sampel penelitian, kemudian dari dua kelas tersebut dipilih kembali secara acak satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Data keaktifan belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa kuesioner dan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik inferensial (uji T sampel beda untuk uji hipotesis 1 dan uji T Bruning untuk uji hipotesis 2). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap keaktifan belajar IPA siswa kelas IV SD didapat (nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05) dengan ttabel = 5,966, dan 2) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD didapat (nilai (Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05) ttabel = 10,646. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media gambar berpengaruh positif terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inkuiri terbimbing, media gambar, keaktifan belajar, hasil belajar, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | PUTU BUDIASA |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 10:08 |
Last Modified: | 25 Jul 2020 10:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2356 |
Actions (login required)
View Item |