HUBUNGAN RASA INGIN TAHU DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD NO. 5 TUBAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Apriana, I Nyoman Arya (2025) HUBUNGAN RASA INGIN TAHU DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD NO. 5 TUBAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031218-COVER.pdf

Download (805kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031218-ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031218-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (381kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031218-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031218-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031218-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031218-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031218-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031218-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan positif yang signifikan antara rasa ingin tahu terhadap keterampilan membaca permulaan bahasa Indonesia siswa kelas II SD No. 5 Tuban tahun ajaran 2024/2025, (2) mengetahui hubungan positif yang signifikan antara percaya diri terhadap keterampilan membaca permulaan bahasa Indonesia siswa kelas II SD No. 5 Tuban tahun ajaran 2024/2025, dan (3) mengetahui hubungan positif secara bersama-sama yang signifikan antara rasa ingin tahu dan percaya diri terhadap keterampilan membaca permulaan bahasa Indonesia siswa kelas II SD No. 5 Tuban tahun ajaran 2024/205. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto dengan jumlah populasi 27 orang siswa pada SD No. 5 Tuban. Penentuan sampel ditentukan dengan metode sampling total. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan non-tes, yaitu dengan tes unjuk kerja atau performa untuk memperoleh data keterampilan membaca permulaan dan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala Likert untuk memperoleh data rasa ingin tahu dan percaya diri. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Pada pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara rasa ingin tahu dengan keterampilan membaca permulaan dengan kontribusi sebesar 39,6%, (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara percaya diri terhadap keterampilan membaca permulaan dengan kontribusi sebesar 58,8%, (3) hubungan positif yang signifikan antara rasa ingin tahu dan percaya diri terhadap keterampilan membaca permulaan dengan kontribusi sebesar 60,3%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara rasa ingin tahu dan percaya diri terhadap keterampilan membaca permulaan bahasa Indonesia siswa kelas II SD No. 5 Tuban tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: rasa ingin tahu, percaya diri, keterampilan membaca permulaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Nyoman Arya Apriana
Date Deposited: 20 Feb 2025 13:37
Last Modified: 20 Feb 2025 13:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23570

Actions (login required)

View Item View Item