EVALUASI PROGRAM PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI GUGUS II SEKOLAH DASAR KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG

Ardita, I Made (2025) EVALUASI PROGRAM PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI GUGUS II SEKOLAH DASAR KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329031012-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329031012-ABSTRAK.pdf

Download (529kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329031012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329031012-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ardita, I Made (2025), Evaluasi Program Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Gugus II Sekolah Dasar di Kecamatan Petang Kabupaten Badung, Program Administrasi Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing 1 Basilius Redan Werang dan pembimbing 2 I Putu Wisna Ariawan Kata kunci: Evaluasi Program, CIPP, Dana BOS Evaluasi program merupakan langkah strategis untuk menilai efektivitas pelaksanaan suatu program pendidikan, termasuk pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program penggunaan dana BOS di Gugus II SD Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode yang digunakan adalah evaluasi deskriptif dengan mengkaji keempat variabel dalam model CIPP untuk menilai keberhasilan program secara menyeluruh. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa semua variabel, yaitu Context, Input, Process, dan Product, dinyatakan efektif dengan jumlah respons positif (∑ (+)) lebih besar dibandingkan respons negatif (∑ (-)). Variabel Context menunjukkan bahwa perencanaan program telah relevan dengan kebutuhan sekolah dan lingkungan pendidikan. Variabel Input mencerminkan dukungan sumber daya yang memadai, meskipun masih terdapat ruang untuk perbaikan dalam kualitas data dan infrastruktur. Variabel Process mengindikasikan bahwa pelaksanaan program berjalan sesuai prosedur yang dirancang secara sistematis dan efisien. Variabel Product menunjukkan dampak positif, seperti peningkatan kualitas pembelajaran, pengadaan fasilitas pendidikan, serta penguatan kompetensi tenaga pendidik. Secara keseluruhan, hasil evaluasi program menghasilkan pola (++++) yang berarti bahwa program penggunaan dana BOS tergolong sangat efektif. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya penguatan perencanaan, penyediaan sumber daya yang berkelanjutan, serta pengawasan dan evaluasi yang sistematis untuk memastikan keberhasilan program secara berkelanjutan. Rekomendasi utama mencakup validasi data, pelatihan tenaga pendidik, dan optimalisasi alokasi dana guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, CIPP, Dana BOS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: I Made Ardita
Date Deposited: 26 Feb 2025 05:36
Last Modified: 26 Feb 2025 05:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23648

Actions (login required)

View Item View Item