Trinita, Ni Koman Intan Cahyani (2025) ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR PADA KURIKULUM MERDEKA (STUDI PEMBELAJARAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031016-COVER.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031016-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031016-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris dan kesiapan guru dalam pembelajaran bahasa Inggris pada kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara dan kuesioner. Kemudian kuisioner diuji menggunakan rumus CVR dan CVI dengan 5 ahli pakar setelah itu menggunakan rumus persentase kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan pembelajaran bahasa Inggris di kelas III SD pada kurikulum merdeka menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi bahasa Inggris yang disajikan dengan pendekatan konvensional. Siswa lebih tertarik pada metode pembelajaran yang interaktif, seperti penggunaan media pembelajaran. Selain itu, guru mengungkapkan bahwa mereka membutuhkan pelatihan lebih lanjut mengenai penggunaan pendekatan yang lebih fleksibel dan kreatif serta alat bantu pembelajaran yang lebih menarik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris di kelas III SD pada kurikulum merdeka memerlukan pendekatan yang lebih interaktif, fleksibel dan bebasis teknologi. Penelitian ini berimplikasi terhadap analisis pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar pada kurikulum Merdeka, dengan adanya pendekatan pembelajaran yang lebih, komunikatif dengan dukungan teknologi dan pelatihan guru untuk mengoptimalkan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Inggris, Kurikulum Merdeka, Kebutuhan Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Intan Cahyani Trinita |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:54 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |