PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS I KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020

Antari, Ni Kadek Dewi (2020) PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS I KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031126-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031126-ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031126-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (566kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031126-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031126-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031126-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031126-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031126-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031126-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mencari pengaruh yang signifikan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus I Kuta Utara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dan rancangan non-equilevalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SDN I Gugus Kuta Utara dengan jumlah siswa 413 orang dan sampel penelitian berjumlah 64 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Analisis data pada penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol X ̅=80,85>X ̅=66,85. Setelah dianalisis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 7,329> ttabel = 2,000 pada α =0,05 dan dk = 62, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas V SDN Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Didasarkan pada perbedaan nilai rata-rata kedua kelompok dan hasil uji hipotesis, maka penggunaan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning, media audio visual, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK DEWI ANTARI
Date Deposited: 27 Jul 2020 00:50
Last Modified: 27 Jul 2020 00:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item